Kali ini saya akan berbagi ilmu kepada rekan2 saya yang membutuhkan.
Meski ilmu ini bukan saya yang membuat.Tapi niat saya hanya untuk berbagi kepada yang membutuhkan.

Modul ini di buat oleh Deris Stiawan.S.Kom.,M.T

Saya bukan Copy Paste,melainkan saya hanya menyebarkan ilmu melalui modul beliau.

Ya sudah langsung saja.


Bab 1. Dasar-dasar
Komunikasi Data
Pendahuluan
• Perkembangan Teknologi Informasi
• Information based dan information age
• Dibutuhkan informasi yang tepat,mudah, cepat dan aman
• Komunikasi data, cepat atau lambat pada akhirnya akan mengarah ke suatu sistem jaringan
• Komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan perangkat
• Bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peratalan dengan peralatan.
• Awalnya hanya melibatkan satu pemancar data ke satu penerima data.

• Hubungan ini berkembang dan akhirnya melibatkan penerima lainnya ataupun pemacar lainnya, maka terbentuklah sebuah jaringan komunikasi data

• Ex : client ke client, client ke server,sinyal telpon, SMS, Radio, Televisi…



Data & Informasi
• Dimana saja dan kapan saja
• Mobile communications
– WiFi, Hotspot, WiMax, GPRS, GSM,CDMA, …
• Input – proses – output

Konsep Dasar Komdat
• Elemen utama ;
– Sumber / source
• Ex : telpon dan pc
– Transmitter
• Ex : modem merubah sinyal digital ke analog
– System transmisi
• Jalur transmisi yang menghubungkan sumber dan tujuan
– Receiver
• Ex : modem merubah sinyal analog ke digital
– Destination (tujuan)

 Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Modul Nya

0 comments:

Post a Comment

 
Berbagi Untuk Semua © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top